Thursday, January 4, 2018

Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek 2 (pertemuan10)

Assalamualaikum wr.wb
        Apa kabar Saudaraku semoga dalam keadaan sehat ajah, aamin
        Dalam pertemuan kali ini saya akan membahas tentang Konstruktor , Indentifier dan Parameter
Pengertian Konstruktor
        Merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek dan tiap class boleh memiliki lebih dari satu konstruktor.
Perbedaan method biasa dengan konstruktor adalah bahwa konstruktor harus memiliki nama yang sama dengan nama classnya dan tidak memiliki nilai kembalian (tipe-data).
Konstruktor dijalankan pada saat sebuah object diinisialisasi (menggunakan kata new). Pada konstruktor juga berlaku overloading, artinya boleh mendeklarasikan lebih dari satu konstruktor, asalkan memiliki parameter yang berbeda – beda
Pengertian Parameter
        
Parameter adalah Suatu Nilai yang dapat diubah ubah dari luar untuk menentukan hasil yang akan di tampilkan. Perhatikan hal berikut :

  1. Mengirim —> Parameter Aktual // yang dimain
  2. Mengerima —> Parameter Formal
Contoh :
1.   Method tidak mengembalikan nilai (tanpa parameter) (diberi tipe void)
Sintak :  static void goldsgym();

  1. //method static bernama kebersihan yang tidak mengembalikan nilai.
Contoh :
class kebersihan {
static void Cetak(){
System.out.print(“Kebersihan Tanggung Jawab Kita Bersama”);
}
public static void main(String[] args) {
Cetak();
System.out.println(“kebersihan sebagian dari Iman”);
}
}

 Pengertian Indifier 
Merupakan  Suatu nama yang digunakan untuk menyatakan variabel, konstanta, class, method. Untuk membuat nama identifier perlu memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Membedakan huruf besar dan huruf kecil (case sensitive).
  2. Nama identifier bisa terdiri dari satu atau beberapa karakter yang terdiri dari angka (0 – 9), huruf (A – Z, a – z), dollar ($), garis-bawah/underscore(_).
  3. Penamaan identifier harus dimulai dengan huruf, underscore(_), atau karakter dollar ($). Tidak boleh dimulai dengan angka.
  4. Simbol-simbol operator seperti (*), (+), (/), (-) tidak boleh digunakan.
  5. Dalam penamaan identifier tidak boleh menggunakan spasi.
  6. Tidak diperbolehkan menggunakan Kata-kata keyword dalam java (misalnya: public, class, static, dsb).
  7.  Panjang nama identifier tidak dibatasi. 
Setelah kita udah mengetahui beberapa pengertianya....
kita coba 1 pertanyaan
Karna disoal tersebut ada 2 judul buku maka setiap judul buku kita akan buat 2 class;


::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::Judul buku Pertama :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
class 1 =

 class 2 ( pemanggilan method ) =
 Output =


::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::Judul buku ke dua::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Class1=
Class 2(pemanggilan method)=
Output =
Agar terlihat lebih bagus maka kita buat Scanner

Class 1 =

Class 2 (Pemanggilan method)

===  OUTPUT JIKA PILIH NO 1 ===




===  OUTPUT JIKA PILIH NO 2 ===

 ===  OUTPUT JIKA PILIH SELAIN NO 1 DAN NO 2 ===

 Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat buat kalian yang membaca,.
 kurang lebihnya mohon maaf  jika ada kesalahan karna saya pun dalam proses pembelajaran

Wasalamualaikum wr.wb


No comments:

Post a Comment

Inheritance

Assalamualaikum...    Annyeonghaseyo,,, Kesempatan X ini saya Akan membuat Blog Terakhir disemester 3 ini.... Sebelumnya saya Menulis saya...